Berdasarkan hasil seleksi sayembara logo menetapkan Firman Syah Adi Saputra, sebagai sang juara utama. Sehingga logo yang dibuatnya menjadi logo Muktamar XXII, yang akan berlangsung di Jawa Tengah tepatnya Universitas Muhammadiyah Purwokerto selaku tuan rumah Muktamar, pada 25-28 Maret 2021 mendatang.

Logo pemenang pastinya memiliki makna dan filosofi tersendiri. Mengambil konsep bentuk wajah Bawor, salah satu tokoh pewayangan maskot Purwokerto sebagai tempat penyelenggara. Makna lain dari corak yang melengkung dan bergelombang menunjukkan fleksibilitas gerakan IPM yang senantiasa dapat menyesuaikan diri menghadapi segala perubahan.

Filosofisnya terdapat tulisan ‘’nuun walqolami’’ yang merupakan potongan surat Al-Qalam ayat 1 bermakna sekaligus semboyan IPM .
Adapula matahari IPM, menegaskan identitas IPM sebagai Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah yang mengemban tugas sebagai pelopor, pelangsung, dan penyempurna.

”Nuun, walqolami” artinya demi pena. Pena lengkung bawah pojok kiri, menegaskan penggambaran kader yang senantiasa berkarya dalam rangka terciptanya pelajar sebenar-benarnya.

‘’Selain itu terdapat buku di dalam sinar matahari juga, yang merupakan lambang gerakan IPM, sebagai spirit keilmuan serta bentuk pencerahan pelajar seluruh penjuru Indonesia untuk menjadi pelajar yang sebenar- benarnya ,” ujar pemenang utama dalam ajang sayembara logo Muktamar XXII IPM .


Elemen warna yang di pakai beserta artinya; Merah (keberanian), Hijau (kerahmatan), Kuning (mewakili keilmuan), Abu-abu (kemandirian dan tanggung jawab).
Tak luput terdapat ikon virus yang berdampingan, melambangkan seseorang berlindung diri dari paparan virus covid-19.


Karena Muktamar XXII terselenggara dalam kondisi pandemi Covid-19. Virus yang tidak bisa dianggap sepele dan akan menjadi sejarah penting untuk acara penting termasuk Muktamar.

Hal yang demikian menggambarkan komitmen IPM sebagai bagian dari Muhammadiyah yang juga turut mengupayakan dalam penanganan Covid-19.


”Tulisan Muktamar XXII IPM itu menggunakan font yang berkarakter dan ceria. Selaras dengan semangat kader kader dalam melaksanakan musyawarah,” tutupnya.

File logo dapat diunduh di sini


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *